PERANCANGAN FURNITUR KELAS UNTUK TAMAN KANAK-KANAK

Main Author: Rai, Sevtiana Leyli
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/304/1/1.%20Cover.pdf
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/304/2/5.%20Abstract.pdf
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/304/3/6.%20Ringkasan.pdf
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/304/
Daftar Isi:
  • Taman kanak-kanak merupakan tempat pertama seorang anak belajar diluar rumah. Oleh karenanya anak-anak harus merasa nyaman. Furnitur taman kanakkanak yang ada belum memenuhi kaidah ergonomi, sehingga kadang membuat anak tidak nyaman dan mempengaruhi psikologis anak, yaitu anak jadi tidak semangat belajar. Furnitur yang tidak nyaman juga mempengaruhi kesehatan anak seperti low back pain atau sakit tulang punggung. Bentuk dan material dari furnitur yang ada juga belum aman dan dapat membahayakan anak-anak. Selain itu belum ada meja yang memiliki fitur tambah sebagai perangsang motorik halus dan sebagai sarana pendukung pembelajaran di dalam kelas. Perancangan ini bertujuan untuk membuat furnitur TK yang aman, ergonomis dan dapat menstimulasi motorik halus anak. Penelitian dari perancangan ini dilakukan dengan teknik observasi, literatur, wawancara, komparasi, pengambilan sampel, serta penyebaran kuesioner. Objek penelitian ini adalah TK kelas C yang berada di daerah Tangerang Selatan. Kata Kunci: Taman Kanak-kanak, anak-anak, ergonomi