Keterkaitan Pola Belajar Siswa Kelas 6 SD Dengan Nem Yang Diperoleh

Main Author: Alsa, Asmadi; Universitas Gadjah Mada
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Online Access: http://journal.uii.ac.id/index.php/Psikologika/article/view/8392
http://journal.uii.ac.id/index.php/Psikologika/article/view/8392/7122
Daftar Isi:
  • Tujuan penefitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh po/a bela1aryang digunakan siswa kelas 6 sekolah dasar terhadap perolehan NilaiEbtanas Murni (NEM) pada Eva/uasi Be/ajar Tahap Akhir Nasional(EBTANAS) mereka.Cara penelitian adalah dengan mengambil sebanyak enam kelas (239siswa kefas satu) pada tiga SMP Negeri di Kotamadya Yogyakarta. Subyek diminta mengisi angket pola be/ajar sewaktu mereka duduk di kelas 5 sekofah dasar.Hasil penefitiannya adalah sebagai berikut: Tidak ada keterkaitanantara po/a be/ajar yang digunakan oleh siswa kelas 6 sekolah dasardengan NEM yang diperoleh. FaJd'or inteligensi nampaknya febih dominanpengaruhnya terhadap tinggi-rendahnya perolehan NEM siswa, dan diperoleh indikasi bahwa proses mengajar-befajar pada siswa kefas 6 sekofah dasar di Kotamadya Yogyakar1a dapat memberi bekaf pada siswanya untuk menghadapi EBTANAS sepanjang siswa aktif mengikuti proses be/ajar di kefas dan mengerjakan tugas-tugas PR yang diberikan guru s�ara tertib. Kata Kunc i: Pola belajar, NEM, lnteligensi