ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER DAN NON CELEBRITY ENDORSER PADA PRODUK FRESTEA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Main Authors: Astuti, Budi, Titarina, Geraldine
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Aplikasi Bisnis , 2017
Subjects:
Online Access: http://journal.uii.ac.id/index.php/JABIS/article/view/7504
http://journal.uii.ac.id/index.php/JABIS/article/view/7504/6605
http://journal.uii.ac.id/index.php/JABIS/article/downloadSuppFile/7504/276
Daftar Isi:
  • Salah satu langkah yang bisa ditemptih oleh perusahaan dalam mengkomunikasikan perbedaan produknya dalam rangka membentuk posisi dalam benak konsumen adalah dengan cara pengiklanan. Pengiklanan merupakan bentuk promosiyang bertujuan dan mempunyai pengaruh terhadap konsumen secara global.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan kredibilitas antara celebrity endorser dan non celebrity endorser, mengetahui pengaruh variabel kredibilitas celebrity endorser dan non celebrity endorser (keahlian, kepercayaan, dan daya tarik), serta mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat beli produk Frestea oleh konsumen.Dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan memakai teknik con-venience sampling dan responden sebanyak 96 orang, yang pernah melihat iklanFrestea di televisi. Alat analisis yang dipakai menggunakan uji peringkat bertanda wilcoxon, regresi linier berganda, determinasi berganda, determinasi parsial dan uji asumsi klasik yang terdiri dari multikolonieritas, heteroskedastisitas, normalitas data dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji dan uji F dengan taraf signifikansi 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kredibilitas celebrity endorser dan non celebrity endorser, serta diketahui bahwa celebrity en-dorser meniiliki kredibilitas lebih baik dibanding non celebrity endorser. Semua variabel kredibilitas celebrity endorser yang terdiri atas keahlian (expertise) kepercayaan (trustworthiness), dan daya tarik (attractiveness) berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen (purchase intention). Begitu juga pada variabel kredibilitas non celebrity endorser yang kesemuanya berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen.