Augmented Reality untuk Pengembangan Game Interaktif bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Main Authors: Prasetya, Regiana Prianggara; Fakultas Ilmu Terapan Telkom University, Mutiara, Giva Andriana; Fakultas Ilmu Terapan Telkom University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia , 2014
Online Access: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/3240
http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/3240/2930
Daftar Isi:
  • Augmented reality, merupakan suatu teknikdi mana input dari dunia nyata misalkan seperti sensorsuara, gambar, atau data GPS dapat ditangkap olehsensor input komputer baik secara langung maupun tidaklangsung dan kemudian ditampilkan pada tampilanoutput melalui suatu program secara dua dimensi atautiga dimensi. Augmented Reality, pada umumnyamenggunakan suatu marker (penanda) tertentu sebagaititik yang akan digunakan program untuk menampilkansesuatu pada monitor. Marker yang digunakan padapenelitian ini berupa gambar dan objek denganpenggunaan warna yang kontras dengan backgroundinput. Video Game, Game interaktif, atau Gamemerupakan aplikasi multimedia yang melibatkan interaksimanusia dengan suatu user interface untuk menciptakansuatu kejadian dalam alur cerita yang memiliki tujuandan akhir penyelesaian. Di Indonesia, banyak terdapatanak-anak berkebutuhan khusus yang perlu diperhatikanperkembangannya melalui terapi dan berbagai macamaktifitas lainnya. Salah satu terapi yang bisadiimplementasikan adalah dengan membuat suatupermainan interaktif yang melibatkan komputer yangbertujuan untuk dapat mengasah otak anak untukberpikir dan berinteraksi dengan bergerak dan bereaksimengikuti instruksi instruksi yang diberikan. Penelitianini diimplementasikan menggunakan adobe flash denganaction script 3.0, dengan pembuatan skenario game yangmengarah pada terapi applied behaviour analysis, terapiokupasi, terapi permainan, dan terapi audio visual. Hasilyang diperoleh adalah suatu game yang dapat menarikperhatian anak kebutuhan khusus untuk melakukanterapi sambil bermain yang dapat dimainkan dengantingkat kesulitan yang bertahap.