E-STATEMENT PADA SMARTPHONE BLACKBERRY
Main Authors: | Putra, Samuel Mahatma, Deliana, Hartini, ., Rosmiyani, Halim, Fernando |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia
, 2010
|
Online Access: |
http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1893 http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1893/1671 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisa dan membangun aplikasi pada smartphone BlackBerry untuk menanganipenerimaan tagihan dalam bentuk e-Statement, membangun aplikasi pada pihak server perusahaan untuk mengirimkaninformasi tagihan, membangun aplikasi pada pihak server third party sebagai perantara antara server perusahaan dengansmartphone BlackBerry dalam pengiriman tagihan, mengurangi waktu pemrosesan dan pengiriman tagihan sertamengurangi pemakaian kertas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis dan metode perancangan. Metodeanalisis meliputi survei atas sistem yang telah ada, melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner, mempelajaridokumen perusahaaan dan sistem yang telah ada, dan analisis terhadap hasil wawancara dan dokumen perusahaan.Metode perancangan yang digunakan adalah Object Oriented Analysis Design (OOAD) melalui pendekatan prosesrekayasa perangkat lunak model Waterfall dan menggunakan Unified Modeliing Language (UML), yaitu Use CaseDiagram, Class Diagram, Sequence Diagram, dan State Diagram, serta perancangan ERD. Hasil yang dicapai ialahsistem pengiriman tagihan yang menggunakan aplikasi mobile e-Statement pada smartphone BlackBerry. Simpulan yangdicapai ialah penerima tagihan dapat melihat seluruh tagihannya pada satu aplikasi, waktu pengiriman tagihan yang lebihcepat, menyediakan layanan pengiriman tagihan yang lebih cepat, mengurangi kelalaian pembayaran tagihan,memberikan kemudahan untuk melakukan complaint atas ketidaksesuaian informasi tagihan.Kata Kunci : pengiriman, tagihan, e-Statement, BlackBerry, statement