E-STATEMENT PADA SMARTPHONE BLACKBERRY

Main Authors: Putra, Samuel Mahatma, Deliana, Hartini, ., Rosmiyani, Halim, Fernando
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia , 2010
Online Access: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1893
http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1893/1671
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisa dan membangun aplikasi pada smartphone BlackBerry untuk menanganipenerimaan tagihan dalam bentuk e-Statement, membangun aplikasi pada pihak server perusahaan untuk mengirimkaninformasi tagihan, membangun aplikasi pada pihak server third party sebagai perantara antara server perusahaan dengansmartphone BlackBerry dalam pengiriman tagihan, mengurangi waktu pemrosesan dan pengiriman tagihan sertamengurangi pemakaian kertas. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis dan metode perancangan. Metodeanalisis meliputi survei atas sistem yang telah ada, melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner, mempelajaridokumen perusahaaan dan sistem yang telah ada, dan analisis terhadap hasil wawancara dan dokumen perusahaan.Metode perancangan yang digunakan adalah Object Oriented Analysis Design (OOAD) melalui pendekatan prosesrekayasa perangkat lunak model Waterfall dan menggunakan Unified Modeliing Language (UML), yaitu Use CaseDiagram, Class Diagram, Sequence Diagram, dan State Diagram, serta perancangan ERD. Hasil yang dicapai ialahsistem pengiriman tagihan yang menggunakan aplikasi mobile e-Statement pada smartphone BlackBerry. Simpulan yangdicapai ialah penerima tagihan dapat melihat seluruh tagihannya pada satu aplikasi, waktu pengiriman tagihan yang lebihcepat, menyediakan layanan pengiriman tagihan yang lebih cepat, mengurangi kelalaian pembayaran tagihan,memberikan kemudahan untuk melakukan complaint atas ketidaksesuaian informasi tagihan.Kata Kunci : pengiriman, tagihan, e-Statement, BlackBerry, statement