STRATEGI PENGUSAHA WARUNG KOPI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI KOTA KENDARI
Main Authors: | Suardi, Suardi, Hafsah, Wa Ode Sitti, Ashmarita, Ashmarita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Laboratorium Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Halu Oleo
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.fib.uho.ac.id/index.php/etnoreflika/article/view/587 http://journal.fib.uho.ac.id/index.php/etnoreflika/article/view/587/478 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang eksistensi dan strategi warung kopi di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teori strategi adaptasi oleh J.W Bennet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode etnografi dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik pengamatan (observation) dan wawancara mendalam (interview). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berbisnis kuliner di Kota Kendari merupakan salah satu opsi bisnis yang sangat menjanjikan. Salah satunya adalah bisnis warung kopi yang ternyata mampu menghasilkan profit yang cukup besar walaupun hanya mengeluarkan modal yang tidak terlalu besar. Kepopuleran warung kopi saat ini ternyata juga didukung oleh gaya hidup masyarakat urban yang sangat gemar menghabiskan waktu senggangnya di sebuah warung kopi dengan berbagai alasan kunjungan. Beberapa strategi yang digunakan para pengusaha warung kopi dalam menjaga eksistensi usahanya seperti: (a) memberikan fasilitas tempat serta pelayanan yang baik; (b) penentuan lokasi usaha warung kopi; (c) menentukan harga menu yang terjangkau.
- This study aims to find out about the existence and strategy of coffee shops in Kendari City. This research uses the adaptation strategy theory by J.W Bennet. The method of this study is the ethnographic method. Collecting data is observation and in-depth interviews. Analysis data is analyzed descriptive qualitative. The results of the study show that doing a culinary business in Kendari City is a very promising business option. One of them is a coffee shop business that turned out to be able to generate substantial profits even though it only issued a capital that was not too large. The popularity of coffee shops today is also supported by the lifestyle of urban people who are very fond of spending their free time in a coffee shop for various reasons for visiting. Some strategies used by coffee shop entrepreneurs in maintaining the existence of their businesses such as (a) providing good facilities and services; (b) determination of the location of the coffee shop business; (c) determine affordable menu prices.