KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN BAHU KECAMATAN MALALAYANG
Main Authors: | Losoh, Aritson, Singkoh, Frans, Kairupan, Josef |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Sam Ratulangi University
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/24397 http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/24397/24113 |
Daftar Isi:
- Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan dambaan dan harapan masyarakat. Berbagai langkah strategis telah diimplementasikan oleh pemerintah, diantaranya dengan mendorong penciptaan kreativitas pembaharuan atau memodifikasi jenis pelayanan melalui pengembangan inovasi pelayanan publik yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Pengembangan inovasi pelayanan publik ini perlu di dukung oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kompetitif, sehingga perlu dilakukan pengembangan kompetensi ASN.Pengembangan kompetensi ASN ini sangat dibutuhkan karena tuntutan lingkungan yang strategis, seperti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi dan peningkatan daya saing bangsa, serta harapan masyarakat terhadap kinerja pemerintah baik dari pusat dan daerah untuk terus berkembang, sejalan dengan dinamika perkembangan kebutuhan masyarakat dewasa ini.Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang merupakan salah satu instansi pemerintah yang mengemban tugas pelayanan publik. Seperti yang kita ketahui Kelurahan Bahu sangat strategis pada berbagai kebutuhan pelayanan publik, termasuk pusat pendidikan dan bisnis yang sangat ramai dengan adanya 2 universitas besar di Manado yakni UNSRAT dan UNPI, serta pusat pebelanjaan yang ramai. Sehingga menarik banyaknya mahasiswa dan pekerja serta pencari kerja untuk berdomisili di Kelurahan Bahu. Dalam proses ini, banyaknya kebutuhan masyarakat yang beriringan dengan pengelolaan administrasi kependudukan. Salah satu tugas utama Kelurahan Bahu adalah melayani masyarakat dalam hal pengurusan beberapa jenis surat keterangan misalnya surat keterangan domisili, pembukaan rekening bank oleh mahasiswa, surat keterangan BPJS dll. Untuk itu sangatlah diperlukan aparatur yang handal dalam menangani kebutuhan ini, karena setelah diperhitungkan dalam sehari dikeluarkan sampai 20 buah surat. Maka dalam hal ini perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan oleh ASN dalam hal kompetensi terhadap tugas dan tanggungjawab sebagai penyelenggara pelayanan publik.Kata Kunci : Kinerja ASN, Pelayanan Publik.