Daftar Isi:
  • Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kemampuan mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi siswa SD melalui model SQ3R. Artikel ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan melalui lima tahap, yaitu: (1) Pengumpulan data; (2) Penentuan sampel; (3) Pencatatan data; (4) Reduksi; dan (5) Penarikan kesimpulan. Sumber data dalam artikel ini adalah hasil belajar siswa yang berkaitan dengan pembelajaran model SQ3R pada pembelajaran mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. Data tersebut memberikan gambaran mengenai penerapan model SQ3R terhadap kemampuan mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. Selanjutnya, obyek penelitiannya adalah pembelajaran model SQ3R dengan subyek sebanyak 22 siswa. Kesimpulan artikel menunjukkan bahwa: model SQ3R ini dapat diterapkan pada kompetensi dasar bahasa Indonesia kelas IV semester II yaitu kemampuan mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.