PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA SUATU TEKS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR AISYIYAH 1 PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V Sekolah Dasar Aisyiyah 1 masih di bawah KKM (75). Buktinya dari 25 siswa yang ada, terdapat 18 siswa yang masih mendapat nilai di bawah KKM (75). Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi dan guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya berpedoman pada buku pegangan tanpa menggunakan model pembelajaran yang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam mencapai hasil yang diinginkan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh model Think Pair Share terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Plemahan kabupaten Kediri tahun ajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana pengaruh model Direct Intruction terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Plemahan kabupaten Kediri tahun ajaran 2019/2020?. 3) Adakah perbedaan pengaruh model Think Pair Share dengan model Direct Intruction terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Plemahan kabupaten Kediri tahun ajaran 2019/2020?. Subyek penelitian ini siswa kelas V Sekolah Dasar Aisyiyah 1 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan angket. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Pelemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 13,344 ≥ 2,064 pada taraf signifikan 5%. 2) Model pembelajaran Direct Intruction berpengaruh terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Pelemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 9,531 ≥ 2,064 pada taraf signifikan 5%. 3) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan model Direct Intruction terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Pelemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 7,262 ≥ 2,011 dengan taraf signifikansi 5%.