UPAYA PENINGKTAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VISUAL AUDITORY KINESTETIK SUATU META ANALISIS
Main Authors: | Bantaika, Yurni Imelda Marselina, WIDODO, SURYO, SAMIJO, SAMIJO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/841/1/RAMA_84202_16101050001.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/841/2/RAMA_84202_16101050001_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/841/3/RAMA_84202_16101050001_0002026403_0705096503_06_ref.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/841/4/RAMA_84202_16101050001_0002026403_0705096503_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/841/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan ketrampilan berfikir tingkat tinggi siswa melalui pembelajaran matematika berbasis visual auditory kinestetik. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta analisis dan instrumen penelitian berupa pedoman observasi (langkah-langkah pembelajaran visual auditory kinestetik, indikator ketrampilan berfikir tingkat tinggi) dan rincian sumber data. Pertama-tama, peneliti merumuskan masalah penelitian, kemudian dilanjutkan dengan menelusuri penelitian yang sudah ada dan relevan untuk dianalisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui google scholar dan studi dokumentasi di perpustakaan. Dari hasil penelusuran diperoleh 10 artikel dari jurnal disimpulkan bahwa: Pada jenjang pendidikan diperoleh nilai sebesar 1,60 dengan kriteria ukuran efek sangat tinggi. Pada jenjang materi diperoleh nilai sebesar 1,90 dengan kriteria ukuran efek istimewa. Pada jenjang media diperoleh nilai sebesar 1,36 dengan kriteria ukuran efek sangat tinggi.