IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP MATERI MENGURAIKAN PENDAPAT PRIBADI TENTANG ISI BUKU SASTRA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Utaminingrum, Dwi Sri, LAILA, ALFI, PERMANA, ERWIN PUTERA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/836/1/RAMA_86206_16101100037.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/836/2/RAMA_86206_16101100035_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/836/3/RAMA_86206_16101100037_0708087703_0706128701_06_ref.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/836/4/RAMA_86206_16101100037_0708087703_0706128701_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/836/ |
Daftar Isi:
- Pembahasan pada artikel ini bertujuan untuk memaparkan implementasi model STAD pada materi menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra dan menentukan hambatan. Artikel ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data guru dan siswa kelas IV. Data ini berupa hasil wawancara. Sumber data yang diperoleh dari artikel ini yaitu wawancara yang berkaitan dengan pembelajaran model STAD pada materi menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra. Teknik ini menggunakan teknik analisis triangulasi yang dibedakan menjadi tiga, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi waktu. Hasil wawancara pada penelitian ini adalah model STAD dapat membuat siswa untuk mengembangkan keterampilan, lebih aktif dalam berpendapat dan kritis, menghargai pendapat orang lain. Faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu kurangnya pemahaman guru dalam pembelajaran, kurangnya kekreatifan guru saat pembelajaran berlangsung, kurang terampil dalam memotivasi kegiatan belajar mengajar dikelas, kurangnya siswa yang menyukai menulis dan berbicara saat berpendapat. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD pada materi menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra sangat baik di gunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia