Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa terdapat aktivitas masyarakat yang berhubungan erat dengan etnomatematika di Kecamatan Pace. Dengan adanya etnomatematika, masyarakat terutama peserta didik dapat mengetahui keberadaan matematika sebagai suatu ilmu yang bukan hanya akan berlangsung di kelas semata. Dalam meningkatkan dan mengembangkan ilmu matematika, peserta didik juga memerlukan kemampuan berpikir spasial yang dapat dikembangkan melalui etnomatematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah unsur-unsur matematis dalam pembuatan Krecek Kerupuk Rambak Kanji pada Industri Rumah Tangga? (2) Bagaimanakah kemampuan berpikir spasial untuk siswa kategori tinggi melalui etnomatematika Industri Rumah Tangga Pembuatan Krecek Kerupuk Rambak Kanji? (3) Bagaimanakah kemampuan berpikir spasial untuk siswa kategori sedang melalui etnomatematika Industri Rumah Tangga Pembuatan Krecek Kerupuk Rambak Kanji? (4) Bagaimanakah kemampuan berpikir spasial untuk siswa kategori rendah melalui etnomatematika Industri Rumah Tangga Pembuatan Krecek Kerupuk Rambak Kanji?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah pemilik dan pekerja industri rumah tangga krecek kerupuk rambak kanji dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan pedoman wawancara serta siswa kelas V SD Negeri 1 Jetis yang menggunakan instrumen berupa RPP, LKS yang berisi soal tes uraian, dan pedoman wawancara.