META- ANALISIS PERANAN MODEL STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Fitrianingsih, Fenita, MUJIWATI, ENDANG SRI, PUTRI, KHARISMA EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/819/1/RAMA_86206_16101100038.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/819/2/RAMA_86206_16101100038_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/819/3/RAMA_86206_16101100038_0725076201_0719109101_06_ref.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/819/4/RAMA_86206_16101100038_0725076201_0719109101_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/819/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model STAD terhadap hasil belajar PKn. model STAD merupakan strategi pembelajaran kooperatif, dalam pembelajaran siswa membentuk kelompok kecil yang kemampuan akademiknya berbeda untuk menyelesaikan permasalahan dalam materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan mengkaji tiga artikel pada jurnal nasional. Perhitungan pada besarnya efek pada tiga artikel yang digunakan memberikan hasil yang sama. Hasil analisis menunjukkan bahwa model STAD dalam pembelajaran PKn memiliki efek positif. Model STAD lebih efektif digunakan pada jenjang kelas tinggi sekolah dasar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model STAD tepat digunakan dalam pembelajaran PKn.