Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini menemukan sebuah permasalahan dari hasil kegiatan wawancara yaitu pembelajaran matematika pada materi bangun ruang khususnya balok dan kubus. Pada metode pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dan guru belum mengetahui bahwa langkah-langkah penyelesaian masalah yang digunakan adalah langkah-langkah penyelesaian masalah berbasis Polya. Metode pengembangan untuk mengembangkan produk LKS berbasis polya materi bangun ruang untuk kelas 5 sekolah dasar dengan metode ADDIE yang mencangkup 5 tahap, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implimentasi (Implemenation), dan evaluasi (Evaluation) tetapi pada penelitian produk LKS hanya sampai tahap development sehingga hanya melakukan validasi ahli media dan ahli materi. Penelitian ini menggunakan instrumen angket validasi media dan angket validasi materi. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu LKS berbasis polya dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada materi bangun ruang dengan memperoleh persentase dari hasil validasi ahli media 83% dan validasi ahli materi 85%.