META ANALISIS MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI IPA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Astutik, Puji, MUJIWATI, ENDANG SRI, PUTRI, KHARISMA EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/796/1/RAMA_86206_16101100040.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/796/2/RAMA_86206_16101100040_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/796/3/RAMA_86206_16101100040_0725076201_0719109101_06_ref.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/796/4/RAMA_86206_16101100040_0725076201_0719109101_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/796/ |
Daftar Isi:
- IPA merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang konsep IPA dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Dalam proses pembelajaran, guru perlu menggunakan model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran didasarkan pada materi dan karakteristik siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar IPA yaitu model think talk write. Model think talk write adalah model pembelajaran yang menekankan pada tiga aspek yaitu berpikir, berbicara, dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model think talk write terhadap hasil belajar pada materi IPA SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis dengan sampel lima artikel. Berdasarkan penghitungan effect size pada lima artikel memberikan pengaruh positif. Pada artikel model pembelajaran TTW berbantuan mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V memberikan pengaruh yang tinggi dibanding artikel yang lain.