META-ANALISIS PENGARUH STRATEGI PQ4R DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Dwi Kurniawan, Mohammad Heru, MUJIWATI, ENDANG SRI, KURNIA, ITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/639/1/RAMA_86206_16101100060.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/639/2/RAMA_86206_16101100060_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/639/3/RAMA_86206_16101100060_0725076201_0701128306_06_Ref..pdf http://repository.unpkediri.ac.id/639/4/RAMA_86206_16101100060_0725076201_0701128306_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/639/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi PQ4R pada materi bahasa Indonesia. Strategi PQ4R merupakan strategi pembelajaran yang digunakan untuk membuat siswa mengingat apa yang mereka baca dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode meta-analisis dengan menggunakan dua artikel jurnal nasional. Perhitungan pada dari dua artikel memberikan hasil yang berbeda. Pada hasil analisis artikel yang pertama memiliki hasil effect size sebesar (1,33) yang memilki arti effect size efek yang sangat tinggi. Artikel kedua besaranya efek sebesar (0.84) yang memiliki arti effect size efek tinggi. Strategi PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar dan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas tinggi sekolah dasar.