KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI
Main Authors: | Susilo, Andre, SOENARKO, BAMBANG, IMRON, ILMAWATI FAHMI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/612/1/RAMA_86206_16101100058.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/612/2/RAMA_86206_16101100058_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/612/3/RAMA_86206_16101100058_0704025601_0710128902_06_ref.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/612/4/RAMA_86206_16101100058_0704025601_0710128902_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/612/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara model TGT dan Jigsaw yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review (kajian literasi). Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu : 1) pengumpulan data, 2) penentuan sampel, 3) pencatatan data, 4) reduksi, 5) penarikan kesimpulan. Sumber penelitian adalah buku dan jurnal yang berkaitan dengan penerapan model TGT dan Jigsaw pada pembelajaran IPS. penerapan model TGT dan Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Berdasarkan penelitian terdahulu yang relevan aktivitas dengan indikator komunikasi pada model TGT menunjukkan hasil tertinggi dengan persentase 100% dan terendah 95,23%, dengan rata-rata 97,61%. Sedangkan pada model Jigsaw hasil aktivitas dengan indikator komunikasi menunjukkan hasil tertinggi sebesar 91.2% dan terendah 88,125% dengan rata-rata 89,66%. Dari rata-rata persentase aktivitas komunikasi pada penerapan model TGT lebih tinggi dibanding Jigsaw. Maka dapat dikatakan bahwa kedua model dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi akan tetapi model Jigsaw lebih efektif diterapkan pada pembelajaran IPS, karena lebih menekankan pada pengelolaan informasi yang didapat untuk dikomunikasikan dengan bahasanya sendiri.