PENGEMBANGAN MEDIA BAPER (Batang Perkalian) PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 LINGKUNGAN BERMAIN DI RUMAH KELAS 2 SD
Daftar Isi:
- Amirul Muslikah: Pengembangan Media BAPER (Batang Perkalian) Pada Tema 2 Sub Tema 1 Lingkungan Bermain Di Rumah Kelas 2 Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara yang di kelas II SDN Sendangbumen Kabupaten Nganjuk. Dari hasil pengamatan dan wawancara diketahui bahwa nilai siswa masih di bawah KKM hal tersebut disesbabkan metode dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 yaitu Pertama, Analysis (Aalisis). Kedua, Design (Desain). Ketiga, Development (Pengembangan). Keempat, Implementation (Implementasi). Kelima, Evaluation (Evaluasi). Instrument pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi dan respon guru. Penilaian media BAPER (Batang Perkalian) dilakukan berdasarkan ahli mater, ahli media dan respon guru terhadap media BAPER (Batang Perkalian). Hasil penelitian ini adalah media BAPER (Batang Perkalian) dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi dua ahli dengan rata-rata menghasilkan skor 80% untuk ahli media dan 90% untuk ahli materi. Kedua hasil validasi tersebut mendapat rata-rata 85% dapat dikagtegorikan sangat Valid. hasil respon guru mendapat presentase nilai 94% dapat dikategorikan sangat valid. Kata Kunci: BAPER (Batang Perkalian), ADDIE, Pembelajaran Matematika