META-ANALISIS PENGARUH MODEL MAKE A MATCH PADA MATERI IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Lutfianti, Cici, MUJIWATI, ENDANG SRI, DAMAYANTI, SUSI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/572/1/RAMA_86206_16101100044.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/572/2/RAMA_86206_16101100044_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/572/3/RAMA_86206_16101100044_0725076201_0723117802_06_ref.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/572/4/RAMA_86206_1610.10.004_0725076201_0723117802_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/572/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model make a match pada materi IPA terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Model make a match adalah model pembelajaran yang meminta siswa mencari kesamaan pasangan kartu antara soal dan jawaban mengenai suatu topik. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan mengkaji lima artikel pada jurnal nasional. Perhitungan effect size dengan cara pengurangan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dibagi standar deviasi pada lima artikel menunjukan hasil yaitu 1,47 pada artikel pertama, 1,26 pada artikel kedua, 1,94 pada artikel ketiga, 2,52 pada artikel kempat dan 1,38 pada artikel kelima. Dari rata-rata effect size kelima artikel diperoleh hasil sebesar 1,43 yang disesuaikan dengan kriteria efek menunjukkan efek yang sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model make a match memberikan efek yang sangat tinggi pada hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.