META ANALISIS PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Susanti, Feronika, MUJIWATI, ENDANG SRI, PUTRI, KHARISMA EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/569/1/RAMA_86206_16101100034.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/569/2/RAMA_86206_16101100034_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/569/3/RAMA_86206_16101100034_0725076201_0719109101_06_ref.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/569/4/RAMA_86206_16101100032_0725076201_0719109101_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/569/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model jigsaw pada materi IPA terhadap kemampuan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah meta analisis dengan sampel sebanyak dua artikel dan tiga skripsi, hasil penelusuran google scholar atau biasa dikenal google cendekia dan instrumen berupa lembaran pemberian kode (coding category). Hasil penelitian meta analisis ini menunjukkan bahwa skripsi kode SK-01 dengan besar effect size 0,481 memiliki kriteria sedang. Artikel kode AR-02 dengan besar effect size 1,482 memiliki kriteria pengaruh yang tinggi. Artikel kode AR-03 dengan besar effect size 0,840 memiliki kriteria tinggi. Skripsi kode SK-04 dengan besar effect size 3,400 memiliki kriteria pengaruh yang tinggi. Sedangkan pada skripsi kode SK-05 dengan besar effect size 0,914 memiliki kriteria tinggi. Dari hasil tersebut diperoleh rata-rata effect size adalah 1,423 memiliki kriteria efek yang sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model jigsaw memiliki efek yang sangat tinggi terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.