Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Pada pembelajaran IPS materi kegiatam ekonomi masih didominasi oleh aktivitas guru dan penggunaan sarana belajar yang minim. Menyebabkan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan umum penelitian ini untuk menghasilkan produk pengembangan berupa multimedia interaktif untuk kegiatan ekonomi berbasis kearifan lokal Kediri sedangkan tujuan khusus penelitian ini sebagai berikut. (1) Kevalidan multimedia interaktif untuk materi kegiatan ekonomi berbasis kearifan lokal Kediri untuk siswa kelas IV (2) Kepraktisan multimedia interaktif untuk materi kegiatan ekonomi berbasis kearifan lokal Kediri untuk siswa kelas IV. Model pengembangan dalam penelitian ini yang digunakan adalah model ADDIE. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tapahan (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Dalam tahapan ini menghilangkan tahap penerapan atau implementation dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa belajar dari rumah dengan daring. Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) membuat desain media pembelajaran, (3) mengembangkan media, (4) evaluasi akhir media. Hasil dari penelitian pengembangan adalah sebagai berikut. (1) Multimedia interaktif pada materi kegiatan ekonomi berbasis kearifan lokal Kediri dinyatakan valid oleh ahli media dengan presentase sebesar 93%. (2) Multimedia interaktif pada materi kegiatan ekonomi berbasis kearifan lokal Kediri dinyatakan valid oleh ahli materi dengan presentase sebesar 85%. (3) Multimedia interaktif pada materi kegiatan ekonomi berbasis kearifan lokal Kediri dinyatakan praktis oleh ahli praktisi dengan presentase sebesar 86%. Berdasarkan presentase tersebut, pengembangan multimedia interaktif pada materi kegiatan ekonomi berbasis kearifan lokal Kediri dinyatakan valid dan praktis serta layak digunakan.