EFEKTIVITAS MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Wijaya, Dwiki Wahyu, SOENARKO, BAMBANG, WENDA, DHIAN DWI NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/447/1/RAMA_86206_16101100062.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/447/2/RAMA_86206_16101100062_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/447/3/RAMA_86206_16101100062_0713118901_0701058701_06_ref.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/447/4/RAMA_80206_16101100062_0713118901_0701058701_07_lamp.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/447/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Betet 1 Kota Kediri pada pembelajaran IPS materi karakteristik ruang dan upaya pemanfaatan sumber daya alamnya melalui penerapan model GI. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review ( kajian literasi). Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu : (1) merancang studi literature, (2) melakukan review, (3) melakukan analisis, (4) menulis hasilnya/ menarik kesimpulan. Sumber penelitian adalah buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran IPS, model GI dan jurnal terkait efektivitas model GI pada pembelajaran IPS di SD. Jumlah jurnal yang diteliti sebanyak 3 judul. Kemudian dilakukan analisa terhadap ketiga jurnal yang dipilih terkait keefektivan model GI terhadap pembelajaran IPS. Kesimpulan penelitian ini adalah model GI mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Betet 1 Kota Kediri pada pembelajaran IPS. Hal ini berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang menunjukan bahwa model GI efektif diterapkan pada pembelajaran IPS di SD