GAYA MANAJEMEN KONFLIK PERAWAT PELAKSANA DI RSM AHMAD DAHLAN KOTA KEDIRI
Main Author: | Wijayanti, Endah Tri |
---|---|
Format: | Patent NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/338/1/sertifikat_EC00202012090.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/338/6/gaya%20manaj%20konflik.jpg http://repository.unpkediri.ac.id/338/12/cover%20dan%20artikel.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/338/13/Peer%20review%20hki%20gaya%20manajemen%20konflik.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/338/ |
Daftar Isi:
- Pendahuluan: Konflik merupakan kejadian yang tidak bisa dihindari dan terjadi baik dalam lingkup individu maupun antar manusia. Konflik meskipun terdengar negative namun dapat merangsang seseorang atau organisasi menuju perubahan yang positif. Konflik perlu dikelola secara positif supaya menghasilkan dampak yang baik untuk perkembangan individu dan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gaya pemecahan konflik yang umumnya dipilih oleh perawat pelaksana di RSM Ahmad Dahlan Kota Kediri yang bekerja di Ruang Rawat Inap Kelas III. Metodologi: Penelitian ini menggunakan instrument kuesioner data demografi dan instrument kuesional gaya manajemen konflik oleh Thomas Killman (TKI). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perawat menggunakan gaya akomodasi dan diikuti secara berurutan gaya kompromi, menghindar, kolaborasi, dan kompetisi. Hasil tersebut memberikan gambaran jika di ruangan tersebut minim terjadinya konflik atau bahkan jika terjadi konflik namun perawat mempunyai persepsi positif. Diskusi: Pemilihan gaya manajemen konflik menunjukkan kondisi budaya kerja, sehingga manajer maupun pihak pengampu kebijakan dapat merespon hasil temuan ini. Kata kunci: manajemen konflik; perawat; rumah sakit