Daftar Isi:
  • Perawat merupakan sumber daya manusia pada lini terdepan sebagai penentu kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang kegiatan langsung dan tidak langsung yang dilakukan perawat selama memberikan perawatan di ruangan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan tempat penelitian di 2 ruang rawat inap di rumah sakit pemerintah Kota Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan work sampling dengan mengamati sampel berupa kegiatan yang dilakukan oleh perawat. Kegiatan keperawatan dikategorikan menjadi kegiatan langsung dan tidak langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan langsung dan tidak langsung untuk Ruang 1 (kegiatan langsung 35%; kegiatan tidak langsung 65%), Ruang 2 (Kegiatan langsung 41%; kegiatan tidak langsung 59%). Perawat lebih sering melakukan kegiatan tidak langsung pada setiap shift kerja, sehingga pihak rumah sakit perlu mengetahui kendala yang ditemui kenapa perawat lebih banyak melakukan kegiatan tak langsung, serta perlunya penggunaan system informasi yang terintegrasi supaya kegiatan perawat kepada pasien bsa maksimal. Kata kunci: work sampling, kegiatan langsung, kegiatan tidak langsung, perawat, rumah sakit, kualitas pelayanan