Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas melalui Model Pembelajaran Problem Based Introduction dalam Permainan Bola Voli

Main Authors: MUHARRAM, NUR AHMAD, KHOLIS, MOH NUR
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT STKIP CITRA BAKTI , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpkediri.ac.id/2749/1/KODE_0703098802.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/2749/2/KODE_0703098802_PEER%20REVEIW.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/2749/3/KODE_0703098802_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/2749/
http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1079903
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas V SDN Wonokerso II melalui model pembelajaran problem based introduction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wonokerso II yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar servis atas bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh peningkatan yang signifikan daripratindakanke siklus I dan siklus II. Prestasi belajar servis atas bolavoli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 63,89% atau 23 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase prestasi belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 77,78% atau sejumlah 28 siswa.