Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran perlu dilakukan perbaikan secara terus menerus, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran dapat dikatakan berkualitas jika dalam proses pembelajaran tersebut semua komponen yang terlibat didalamnya saling berkontribusi. Dimulai dari perangkat pembelajaran yang digunakan, metode maupun media yang digunakan, serta kesiapan guru dalam mengajar dengan karakteristik siswa yang beragam. Lesson study merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran, dimana dengan implementasi lesson study sebelum dilakukan proses pembelajaran terlebih dahulu diidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dalam pembelajaran, menganalisis semua komponen sehingga diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien serta dapat mencapai tujuan akhir yang diharapkan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi melalui implementasi lesson study. Metode yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Secara umum dari penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa dengan implementasi lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi. Sehingga implementasi lesson study dapat dikatakan mampu membuat proses pembelajaran akuntansi di SMK lebih bermakna dan memberikan pengalaman lebih terutama bagi guru dan siswa selama pembelajaran.