Implementasi Group Investigation Dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Mahasiswa
Main Authors: | PRASTYANINGTYAS, EFA WAHYU, WIDIAWATI, HESTIN SRI |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/2678/1/III.A.c.1.b.7%20prosiding%20Umsida%202018.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2678/2/Implementasi%20Group%20Investigation%20dengan%20Pendekatan%20Problem%20Based%20Learning%20untuk%20Meningkatkan%20Kemampuan%20Hasil%20Belajar%20Mahasiswa.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2678/3/12.%20Reviewer%20Implementasi%20GI%20pendekatan%20PBL.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2678/ |
Daftar Isi:
- Pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh seorang dosen harus bisa mengikuti perkembangan jaman (inovatif). Sistem akuntansi merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa pendidikan ekonomi. Capaian pembelajaran yang harus dicapai pada mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menganalisis, menyusun dan merancang sistem akuntansi pada perusahaan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung, didapatkan hasil masih banyak mahasiswa yang tidak memperhatikan penjelasan dari dosen. Hal ini mengakibatkan hasil belajar yang di dapatkan masih rendah, dengan ditunjukkan 55% dari 35 mahasiswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam penelitian ini digunakan pendekatan pembelajaran yang mengacu pada pendekatan group investigation dan problem based learning dengan tujuan agar dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menganalisis dan memberikan solusi mahasiswa dalam proses pembelajaran sistem akuntansi sehingga bisa meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Analisis data hasil penelitian ini yaitu diskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan pendekatan pembelajaran yang mengacu pada pendekatan group investigation dan problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dari siklus 1 ke siklus II pada tahap orientasi masalah sampai penyajian hasil akhir.