Daftar Isi:
  • Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar mata kuliah akuntansi koperasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tahap-tahap penelitian tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah akuntansi koperasi semester 6. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes/penugasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar masih rendah terbukti dengan pada tahap siklus 1 nilai mahasiswa rata-rata 75 sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata mahasiswa 80 sehingga ketuntasan perkuliahan akuntansi koperasi masih belum tuntas. Untuk itu peneliti akan mengembangkan penelitian selanjutnya yang berupa pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) mata kuliah akuntansi koperasi.