Kajian Kritis Perubahan Paradigma Pendidikan Anak Usia Dini Berorientasi Perubahan Sosial Budaya
Main Authors: | LESTARININGRUM, ANIK, YULIANTO, DEMA |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/2605/4/prosiding-seminar-nasional-paud-20151_reduce.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2605/2/Uji%20Plagiasi%20Kajian%20Kritis.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2605/3/Peer%20Review%20Kajian%20Kritis.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/2605/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan hal yang terpenting dan utama dalam kehidupan kita. Semua orang berhak mendapatkan pendidikan, dimana dalam hal ini telah tercantum dalam pasal 31 UUD 1945. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar menempati posisi yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia. Masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Pendidikan dan kehidupan adalah suatu yang dinamis, dengan demikian setiap kehidupan dan proses pendidikan akan senantiasa mengalami perubahan dan pada konteks manusia, maka manusiapun juga akan mengalami perubahan, baik ia sebagai individu maupun masyarakat.pendidikan menjadi instrument kekuatan sosial masyarakat untuk mengembangkan sistem pembinaan masyarakat yang relevan dengan tuntutan zaman abad globalisasi. Dunia pendidikan anak usia dini juga perlu untuk membekali diri dengan pembelajaran yang dapat memproduk manusia sesuai dengan atmosfer global. Atmosfer global dalam perubahan tentunya diharapkan tidak meninggalkan kultur budaya masyarakat Negara Indonesia itu sendiri sebagai suatu ciri khas bangsa.