Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar renang gaya dada. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Penjaskesrek Universitas Nusantara PGRI Kediri Tahun angkatan 2019/2020 dengan menggunakan metode mengajar inklusi. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa reguler kelas A dan B sejumlah 60 mahasiswa. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdapat empat sesi antara lain; (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam hasil pembelajaran renang gaya dada melalui pendekatan metode inklusi. Metode inklusi dapat dijadikan referensi untuk mengajar matakuliah renang kepada mahasiswa ditahun ajar berikutnya