IDENTIFIKASI RELIEF PENINGGALAN SEJARAH SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Daftar Isi:
- Mengidentifikasi merupakan menentukan atau menetapkan identitas suatu individu atau benda. Mengidentifikasi suatu benda atau objek dapat memberikan kejelasan dan pemahaman tentang suatu konsep. Dengan menerapkannya pada pembelajaran dapat diperoleh pemahaman tentang suatu materi atau konsep suatu pelajaran. Gambar dan simbol adalah salah satu identitas dari matematika, yang jika kita menggunakan konsep dari identifikasi kita dapat menerapkannya untuk menyampaikan maksud dari suatu pembelajaran khususnya matematika. Tujuan penelitian ini adalan mengetahui hasil identifikasi siswa terhadap Relief Peningalan Sejarah candi Tegowangi pada materi matematika segi banyak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar sehingga dapat diterapkannya pembelajaran berbasis budaya khususnya Peninggalan sejarah pada pembelajaran matematika. Selain itu juga dapat menumbuhkan karakter berbudaya pada siswa dan melestarikan budaya, serta dapat menumbuhkan pemahaman bahwa budaya juga memiliki hubungan erat dengan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sebanyak 36 siswa dijadikan sampel yang kemudian akan di tentukan 6 subjek penelitian pada 3 kategori kemampuan awal matematika (KAM) yaitu tinggi, sedang, dan rendah dengan 2 subjek di setiap kategori. Keenam subjek akan di diberi tes tulis untuk mendapatkan data hasil identifikasi lalu wawancara untuk mengetahui bagaimana cara subjek mengidentifikasi dan menyajikan datanya. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa siswa dengan kategori kemampuan awal matematika baik tinggi, sedang, dan rendah dapat mengidentifikasi perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya Relief Candi Tegowangi dengan baik. Siswa juga dapat menyelesaikan indikator capaian belajar sesuai dengan Kompetensi Dasar yang sudah ditetapkan sehingga perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya Relief Candi Tegowangi dapat diterapkan dalam pembelajan.