Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya pengaruh metode pembelajaran PAKEM terhadap motivasi siswa di SMAN 4 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PAKEM terhadap motivasi siswa SMAN 4 Kediri yang dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Subyek penelitian ini berupa motivasi siswa dalam pembelajaran PAKEM. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kediri Kecamatan Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pengambilan angket sebagai instrumen pengambilan data. Populasi penelitian adalah siswa dan siswi SMAN 4 Kediri yang berjumlah 87 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang teknik sampelnya dilakukan secara acak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif presentase. Hasil uji regresi liniear sederhana menunjukan bahwa 104,799 dengan tingkat signifikansi adalah 0,000 hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang erat antara PAKEM terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 4 Kedir pada matapelajaran penjasorkes siang hari. Dari hasil tersebut diperoleh Y=a+bx maka dari hasil perhitungan didapat : Y=104,799+0,479X1 (a)merupakan konstanta yang besarnya 104,799 menyatakan bahwa jika variabel independen (pakem)sebesar 0 maka nilai dependen (motivasi belajar)sebesar 104,799 (b1) merupakan koefisien regresi dari x1 0,479 menyatakan bahwa setiap penambahan satu satuan variabel PAKEM, maka hal ini akan berpengaruh peningkatan besarnya motivasi belajar sebesar 0,479 dengan asumsi variabel lain konstan