Daftar Isi:
  • Laundry merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, hal tersebut banyak terjadi dimasyarakat terutama pada orang yang berada dikota, dan para mahasiswa, hal seperti ini tentunya membuat persaingan di dunia laundry semakin ketat terutama menjaga pelanggan agar tetap setia menggunakan jasa laundry. Oleh sebab itu peningkatan jumlah konsumen menjadi suatu hal yang sangat diperhatikan dibidang berbagai macam usaha, terutama bidang usaha laundry, segala macam cara dilakukan pengusaha dibidang jasa terutama dibidang jasa laundry untuk meningkatkan jumlah konsumen mereka mulai dari, penanganan professional, pemilihan bahan-bahan berkualitas, sampai waktu penanganan yang cepat. Berdasarkan uraian dari masalah yang sudah disampaikan bahwa metode Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA) dapat lebih efisien dan mampu mengetahui siapa saja pelanggan setia yang menggunakan jasa laundry, dari pengetahuan tersebut maka pemilik laundry mampu mengetahui pelanggan setia mereka dan pemilik laundry mampu menjaga pelanggan mereka, pada kasus ini diperoleh pelanggan setia pengguna jasa laundry dengan nilai tertinggi 0,3781 sebagai pelanggan setia pengguna jasa laundry.