Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal dan evaluasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2018-2019 pada pembelajaraan lompat jauh gaya jongkok. Pada saat itu masih banyak siswa yang ragu, takut dan belum tuntas dalam melaksanakan lompat jauh gaya jongkok. Teknik tolakan pada kaki yang masih salah, jarak lomptan yang kurang jauh.menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren kecamatan Kauman kabupaten Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan lompat tanpa sasaran tumpuan dan dengan tali karet. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus. Berdasarkan hasil observasi, hasil tindakan, dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Pada siklus 1 terdapat 15 siswa yang mampu melakukan dan mendapatkan nilai KKM diatas 75 sebanyak 65 %. Sedangkan pada siklus 2 sebesar 100% siswa yang tuntas dalam melaksanakan lompat jauh gaya jongkok. Dengan berlangsungnya 2 siklus maka tuntas sudah pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren.