PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Motivasi Belajar ̧ Kedisiplinan Belajar dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar di SMK PGRI 4 Kediri. Motivasi belajar siswa dan kedisiplinan siswa tergolong rendah. Banyak siswa yang masih belum mengerjakan tugas ̧ tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan sehingga hasil belajar siswa dirasa kurang maksimal di tambah lagi adanya covid-19. Motivasi dan kedisiplinan belajar merupakan faktor terpenting untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. 2) pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. 3) pengaruh motivasi dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI- TKJ yang berjumlah 25 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari motivasi dan kedisiplinan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan uji asumsi klasik ̧ uji analisis regresi linier berganda ̧ uji koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis Hasil penelitian dengan menggunakan program SPSS 23 menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil uji parsial (uji t) diperoleh 0 ̧000˂0 ̧05 yang artinya H0 ditolak dan Ha ditrima. Kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil uji parsial diperoleh 0 ̧000˂0 ̧05 yang artinya H0 ditolak dan Ha ditrima. Motivasi dan kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil uji parsial diperoleh 0 ̧000˂0 ̧05 yang artinya H0 ditolak dan Ha ditrima. Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar= 0 ̧648 = 65% yang tergolong kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKK kelas XI SMK PGRI 4 Kediri.