PENGARUH PROFITABILITAS (ROA), LEVERAGE, DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERISASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2018

Main Authors: Meze, Maria Florentina, TOHARI, AMIN, SOLIKAH, MAR'ATUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unpkediri.ac.id/1627/1/RAMA_62201_16102010021.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1627/2/RAMA_62201_16102010021_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1627/3/RAMA_62201_16102010021_0715078102_0709047405_06_ref.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1627/
Daftar Isi:
  • Nilai Perusahaan merupakan keputusan penting bagi suatu perusahaan dalam mendapatkan laba sebesar-besarnya karena akan membawa dampak yang besar bagi pertumbuhan perusahaan. Besar kecilnya perusahaan dalam hal memakmurkan pemegang saham dan menarik minat investor dalam berinvestasi tergantung pada nilai 2 perusahaan dan kualitas laporan keuangan yang disajikan tergantung pada nilai perusahaan, sehingga pihak esternal mempertimbangkan lagi dalam berinvestasi diperusahaan tersebut. Karena Ukuran Perusahaan menentukan kekuatan tawar menawar dalam kontrak Keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas (ROA), Leverage (DER), dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility secara parsial berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode 2016-2018 dan Ukuran Perusahaan mampu memoderasi variabel pengaruh Profitabilitas (ROA), Leverage (DER), dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel yang digunakan dalam perusahaan ini 20 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 dan analisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian ini bahwa (1) Profitabilitas (ROA), Leverage (DER) dan Corporate Social Responsibility secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Leverage (DER) dan corporate Social Responsibility secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Ukuran Perusahaan mampu memoderasi Profitabilitas (ROA), Leverage (DER) dan Corporate Social Responsibility (CSR).