Pemberdayaan kemampuan kolaborasi mahasiswa menggunakan model pembelajaran student teams achievement division

Main Authors: Widodo, Suryo, Jatmiko, Jatmiko, Santia, Ika, Katminingsih, Yuni
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unpkediri.ac.id/1137/1/85101_0002026403.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1137/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1137/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1137/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri menggunakan model pembelajaran Student Teams Achiievement Division (STAD) melalui penelitian tindakan kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study yang mempunyai 3 tahapan yaitu pland, do, dan see. Penelitian terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Upaya yang dilakukan dosen model berhasil meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achiievement Division. Hasil ditunjukan dari peningkatan presentase pada kemampuan kolaborasi mahasiswa dari 73,67% pada siklus I menjadi 78,17% pada siklus II.