KETERKAITAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DAN PRODUK KREATIF GURU MATEMATIKA SMP DALAM MEMBUAT SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL

Main Author: Widodo, Suryo
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP PGRI BLITAR , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unpkediri.ac.id/1131/1/85101_0002026403.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1131/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1131/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1131/
ctrlnum 1131
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpkediri.ac.id/1131/</relation><title>KETERKAITAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DAN PRODUK KREATIF GURU MATEMATIKA SMP DALAM MEMBUAT SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL</title><creator>Widodo, Suryo</creator><subject>772 Mathematics education</subject><description>Sejak diterapkan kurikulum 2013, tren penelitian pendidikan matematika adalah untuk meningkatkan kreativitas. Telah banyak penelitian yang mengungkap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Tetapi jarang peneliti yang mengungkap proses berpikir kreatif siswa hingga menghasilkan suatu produk yang kreatif. Tujuan penelitian ini mengungkap keterkaitan antara proses berpikir kreatif dengan produk kreatif guru matematika SMP dalam membuat soal matematika kontekstual. Penelitian dilakukan pada guru matematika SMP Jimy (nama samaran), dengan kualifikasi akademik S-1 matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) Jimy telah berhasil membuat produk kreatif (soal matematika kontekstual) yang memenuhi indikator kelancaran, fleksibel dan kebaruan; (2) proses berpikir kreatif Jimy dalam membuat soal matematika kontekstual mengikuti urutan tahap sintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, sintesis ide, merencanakan penerapan ide dan penerapan ide.</description><publisher>STKIP PGRI BLITAR</publisher><date>2014-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1131/1/85101_0002026403.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1131/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1131/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf</identifier><identifier> Widodo, Suryo (2014) KETERKAITAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DAN PRODUK KREATIF GURU MATEMATIKA SMP DALAM MEMBUAT SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan, 16 (1). pp. 97-109. ISSN 1410-9883 </identifier><recordID>1131</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Widodo, Suryo
title KETERKAITAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DAN PRODUK KREATIF GURU MATEMATIKA SMP DALAM MEMBUAT SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL
publisher STKIP PGRI BLITAR
publishDate 2014
isbn 9780002026406
topic 772 Mathematics education
url http://repository.unpkediri.ac.id/1131/1/85101_0002026403.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1131/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1131/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1131/
contents Sejak diterapkan kurikulum 2013, tren penelitian pendidikan matematika adalah untuk meningkatkan kreativitas. Telah banyak penelitian yang mengungkap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Tetapi jarang peneliti yang mengungkap proses berpikir kreatif siswa hingga menghasilkan suatu produk yang kreatif. Tujuan penelitian ini mengungkap keterkaitan antara proses berpikir kreatif dengan produk kreatif guru matematika SMP dalam membuat soal matematika kontekstual. Penelitian dilakukan pada guru matematika SMP Jimy (nama samaran), dengan kualifikasi akademik S-1 matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) Jimy telah berhasil membuat produk kreatif (soal matematika kontekstual) yang memenuhi indikator kelancaran, fleksibel dan kebaruan; (2) proses berpikir kreatif Jimy dalam membuat soal matematika kontekstual mengikuti urutan tahap sintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, sintesis ide, merencanakan penerapan ide dan penerapan ide.
id IOS13635.1131
institution Universitas Nusantara PGRI Kediri
institution_id 184
institution_type library:university
library
library Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
library_id 571
collection Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri
repository_id 13635
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
repoId IOS13635
first_indexed 2020-09-30T10:05:30Z
last_indexed 2020-09-30T10:05:30Z
recordtype dc
_version_ 1703513860224319488
score 17.538404