Interaksi Pembelajaran Matematika Dengan Portfolio dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 1 Grogol Kediri
Main Author: | Widodo, Suryo |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP PGRI BLITAR
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/1124/1/85101_0002026403.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1124/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1124/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1124/ |
ctrlnum |
1124 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpkediri.ac.id/1124/</relation><title>Interaksi Pembelajaran Matematika Dengan Portfolio dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 1 Grogol Kediri</title><creator>Widodo, Suryo</creator><subject>772 Mathematics education</subject><description>Selama ini guru memperoleh informasi tentang perkembangan siswa melalui hasil tes dan pekerjaan rumahnya. Hal ini akan menjadi sulit jika guru tersebut ingin menggambarkan kemampuan siswa yang sebenarnya. Guru dituntut untuk mengumpulkan informasi tentang kinerja siswa serta berusaha menilai secara terus menerus kemajuan siswanya. Sehingga diperlukan alat penilaian yang cocok untuk memecahkan masalah tersebut. Adapun proses penilaian yang dimaksud adalah penilaian yang menggunakan portfolio matematika siswa. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan portfolio dan pembelajaran tidak menggunakan portfolio?, (2) mengkaji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah?, (3) mengkaji ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran portfolio dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika?
Sampel penelitian terdiri empat kelas yang diambil secara acak dari delapan kelas yang menjadi populasi yaitu siswa SMPN 1 Grogol Kediri. Penelitian menggunakan ekperimen dengan desain faktorial 2x2.
Dari analisis diperoleh hasil bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan portfolio dan pembelajaran tidak menggunakan portfolio, (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, (3) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran portfolio dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.</description><publisher>STKIP PGRI BLITAR</publisher><date>2007-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1124/1/85101_0002026403.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1124/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1124/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf</identifier><identifier> Widodo, Suryo (2007) Interaksi Pembelajaran Matematika Dengan Portfolio dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 1 Grogol Kediri. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan, 9 (1). pp. 73-86. ISSN 1410-9883 </identifier><recordID>1124</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Widodo, Suryo |
title |
Interaksi Pembelajaran Matematika Dengan Portfolio dan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 1 Grogol Kediri |
publisher |
STKIP PGRI BLITAR |
publishDate |
2007 |
isbn |
9780002026406 |
topic |
772 Mathematics education |
url |
http://repository.unpkediri.ac.id/1124/1/85101_0002026403.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1124/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1124/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1124/ |
contents |
Selama ini guru memperoleh informasi tentang perkembangan siswa melalui hasil tes dan pekerjaan rumahnya. Hal ini akan menjadi sulit jika guru tersebut ingin menggambarkan kemampuan siswa yang sebenarnya. Guru dituntut untuk mengumpulkan informasi tentang kinerja siswa serta berusaha menilai secara terus menerus kemajuan siswanya. Sehingga diperlukan alat penilaian yang cocok untuk memecahkan masalah tersebut. Adapun proses penilaian yang dimaksud adalah penilaian yang menggunakan portfolio matematika siswa. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan portfolio dan pembelajaran tidak menggunakan portfolio?, (2) mengkaji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah?, (3) mengkaji ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran portfolio dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika?
Sampel penelitian terdiri empat kelas yang diambil secara acak dari delapan kelas yang menjadi populasi yaitu siswa SMPN 1 Grogol Kediri. Penelitian menggunakan ekperimen dengan desain faktorial 2x2.
Dari analisis diperoleh hasil bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan portfolio dan pembelajaran tidak menggunakan portfolio, (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, (3) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran portfolio dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. |
id |
IOS13635.1124 |
institution |
Universitas Nusantara PGRI Kediri |
institution_id |
184 |
institution_type |
library:university library |
library |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat |
library_id |
571 |
collection |
Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri |
repository_id |
13635 |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS13635 |
first_indexed |
2020-09-30T10:05:30Z |
last_indexed |
2020-09-30T10:05:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1703513860210688000 |
score |
17.538404 |