ctrlnum 1089
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR JALAN CEPAT DENGAN PEMBERIAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI &#xD; MEDIA MODIFIKASI PERMAINAN BENTENGAN PADA SISWA &#xD; KELAS VIII MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG &#xD; BANYAKAN TAHUN AJARAN 2019/2020</title><creator>Shodikin, Mohamad</creator><creator>ANDAYANI BEKTI, RURUH</creator><creator>AHMAD MUHARRAM, NUR</creator><subject>762 Physical education and health sciences</subject><subject>763 Sports and health education</subject><subject>764 Sports coaching education</subject><description>Mohamad Shodikin: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Jalan Cepat Dengan Pemberian Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Modifikasi Permainan Bentengan Pada Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Afkar Selotopeng Banyakan Tahun Ajaran 2019/2020.&#xD; Kata kunci: hasil belajar, jalan cepat, metode pembelajaran kooperatif, media modifikasi permainan bentengan.&#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran jalan cepat tidak bisa berjalan dengan lancar, hal ini disebabkan kurang antusias para siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar jalan cepat dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif melalui media modifikasi permainan bentengan.&#xD; Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui media modifikasi permainan bentengan untuk meningkatkan hasil belajar jalan cepat siswa kelas VIII MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing dalam setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penilaian penelitian ini menggunakan lembar instrumen yang terdapat pada lembar rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).&#xD; Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui media modifikasi permainan bentengan dalam jalan cepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG tahun ajaran 2019/2020. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 yakni sebesar 43,5% sedangkan pada siklus yang ke 2 meningkat menjadi 82,6%. (2) Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif melalui media modifikasi permainan bentengan para siswa lebih semangat dan antusias untuk mengikuti pembelajaran jalan cepat hal ini bisa dibuktikan dengan hasil nilai nilai afektif pada siklus 1 siswa yang lulus sebanyak 14 siswa atau 60,9% sedangkan pada siklus yang ke 2 meningkat menjadi 21 siswa atau 91,3%.</description><date>2020-07-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/1/RAMA_85201_16101090041.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/10/RAMA_85201_16101090041_SIMILARITY.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/3/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_front_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/4/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_02.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/5/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_03.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/6/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_04.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/7/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_05.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/8/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_06_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1089/9/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_07_Lamp.pdf</identifier><identifier> Shodikin, Mohamad and ANDAYANI BEKTI, RURUH and AHMAD MUHARRAM, NUR (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR JALAN CEPAT DENGAN PEMBERIAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI MEDIA MODIFIKASI PERMAINAN BENTENGAN PADA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG BANYAKAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Univesitas Nusantara PGRI Kediri. </identifier><recordID>1089</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Shodikin, Mohamad
ANDAYANI BEKTI, RURUH
AHMAD MUHARRAM, NUR
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR JALAN CEPAT DENGAN PEMBERIAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI MEDIA MODIFIKASI PERMAINAN BENTENGAN PADA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG BANYAKAN TAHUN AJARAN 2019/2020
publishDate 2020
isbn 16101090041
topic 762 Physical education and health sciences
763 Sports and health education
764 Sports coaching education
url http://repository.unpkediri.ac.id/1089/1/RAMA_85201_16101090041.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/10/RAMA_85201_16101090041_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/3/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_front_ref.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/4/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_02.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/5/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_03.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/6/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_04.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/7/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_05.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/8/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_06_ref.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/9/RAMA_85201_16101090041_0725018205_0703098802_07_Lamp.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1089/
contents Mohamad Shodikin: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Jalan Cepat Dengan Pemberian Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Modifikasi Permainan Bentengan Pada Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Afkar Selotopeng Banyakan Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: hasil belajar, jalan cepat, metode pembelajaran kooperatif, media modifikasi permainan bentengan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran jalan cepat tidak bisa berjalan dengan lancar, hal ini disebabkan kurang antusias para siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar jalan cepat dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif melalui media modifikasi permainan bentengan. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui media modifikasi permainan bentengan untuk meningkatkan hasil belajar jalan cepat siswa kelas VIII MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing dalam setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penilaian penelitian ini menggunakan lembar instrumen yang terdapat pada lembar rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif melalui media modifikasi permainan bentengan dalam jalan cepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs MIFTAHUL AFKAR SELOTOPENG tahun ajaran 2019/2020. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 yakni sebesar 43,5% sedangkan pada siklus yang ke 2 meningkat menjadi 82,6%. (2) Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif melalui media modifikasi permainan bentengan para siswa lebih semangat dan antusias untuk mengikuti pembelajaran jalan cepat hal ini bisa dibuktikan dengan hasil nilai nilai afektif pada siklus 1 siswa yang lulus sebanyak 14 siswa atau 60,9% sedangkan pada siklus yang ke 2 meningkat menjadi 21 siswa atau 91,3%.
id IOS13635.1089
institution Universitas Nusantara PGRI Kediri
institution_id 184
institution_type library:university
library
library Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
library_id 571
collection Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri
repository_id 13635
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
repoId IOS13635
first_indexed 2020-09-30T10:05:25Z
last_indexed 2020-09-30T10:05:25Z
recordtype dc
_version_ 1703513859514433536
score 17.538404