ctrlnum 1040
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpkediri.ac.id/1040/</relation><title>DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW</title><creator>Opat, Opsila Lodia</creator><creator>ZAMAN, WAHID IBNU</creator><creator>AHDHIANTO, ERIF</creator><subject>771 Biology education</subject><subject>793 PGSD</subject><description>Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar. Penerapan pembelajaran IPA kurang menarik di SD, hal ini tersebut ditunjukan dengan berbagai macam keluhan dalam pembelajaran IPA di SD seperti siswa merasa membosankan (jenuh), kurang bergairah dan tidak menarik. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Kondisi tersebut sebagaimana yang terjadi guru perlu membenahi model, dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik, mengasah kreatifitas siswa, mengajak siswa berpikir kritis. Hal tersebut akan membawa dampak positif bagi hasil belajar siswa. Materi ini sangat relatif sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sekiranya menarik minat belajar siswa. Maka dari itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran jigsaw. Model jigsaw bertujuan untuk memotivasi atau mendorong siswa untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai materi dan memberi kesempatan siswa untuk berfikir atau bebas mengemukakan pendapat. Tujuan menulis artikel ini untuk mengetahui model jigsaw terhadap kemampuan menjelaskan antara gaya terhadap gerak benda pada siswa Sekolah Dasar. Namun hanya sampai tahap pembuatan perangkat yang mendukung yakni silabus, RPP dan handout</description><date>2020-07-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1040/1/RAMA_86206_16101100063.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1040/2/RAMA_86206_16101100063_SIMILARITY.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1040/3/RAMA_86206_16101100063_0713078602_0704058701_06_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1040/4/RAMA_86206_16101100063_0713078602_0704058701_07_lamp.pdf</identifier><identifier> Opat, Opsila Lodia and ZAMAN, WAHID IBNU and AHDHIANTO, ERIF (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri. </identifier><recordID>1040</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Opat, Opsila Lodia
ZAMAN, WAHID IBNU
AHDHIANTO, ERIF
title DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
publishDate 2020
isbn 16101100063
topic 771 Biology education
793 PGSD
url http://repository.unpkediri.ac.id/1040/1/RAMA_86206_16101100063.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1040/2/RAMA_86206_16101100063_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1040/3/RAMA_86206_16101100063_0713078602_0704058701_06_ref.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1040/4/RAMA_86206_16101100063_0713078602_0704058701_07_lamp.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1040/
contents Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar. Penerapan pembelajaran IPA kurang menarik di SD, hal ini tersebut ditunjukan dengan berbagai macam keluhan dalam pembelajaran IPA di SD seperti siswa merasa membosankan (jenuh), kurang bergairah dan tidak menarik. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Kondisi tersebut sebagaimana yang terjadi guru perlu membenahi model, dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik, mengasah kreatifitas siswa, mengajak siswa berpikir kritis. Hal tersebut akan membawa dampak positif bagi hasil belajar siswa. Materi ini sangat relatif sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sekiranya menarik minat belajar siswa. Maka dari itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran jigsaw. Model jigsaw bertujuan untuk memotivasi atau mendorong siswa untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai materi dan memberi kesempatan siswa untuk berfikir atau bebas mengemukakan pendapat. Tujuan menulis artikel ini untuk mengetahui model jigsaw terhadap kemampuan menjelaskan antara gaya terhadap gerak benda pada siswa Sekolah Dasar. Namun hanya sampai tahap pembuatan perangkat yang mendukung yakni silabus, RPP dan handout
id IOS13635.1040
institution Universitas Nusantara PGRI Kediri
institution_id 184
institution_type library:university
library
library Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
library_id 571
collection Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri
repository_id 13635
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
repoId IOS13635
first_indexed 2020-09-30T10:05:25Z
last_indexed 2020-09-30T10:05:25Z
recordtype dc
_version_ 1703513859014262784
score 17.538404