Penerapan Layanan Konseling Pada Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Sekolah Di Madrasah Aliyah Darunnah Lumajang

Main Author: Bin Thohir, Moh. Muafi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang , 2019
Online Access: http://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/dakwatuna/article/view/406
http://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/dakwatuna/article/view/406/289
Daftar Isi:
  • The background problem of this study is the existence of violations of the rules of conduct committed by students in Madrasah Aliyah Darunnajah Lumajang school, on the other hand, guidance and counseling services in schools are entrusted to BK teachers to help and guide students to better and prevent students from doing more violation. This research is focused on the application of counseling services to students who violate school rules. While the objectives to be achieved in this study were to determine the Application of Counseling Services to Students Who Violated School Rules in Madrasah Aliyah Darunnajah Lumajang. The research method used in this research is descriptive qualitative research. The data collection method used is the method of observation, interview methods and documentation methods. The results of this study are that after getting counseling from counseling teachers, students no longer repeat violations of school rules, whether they are minor, moderate, or severe violations. The results of the guidance and counseling applied by the BK teacher is that students become better at obeying school rules and regulations. The services used by BK teachers are individual counseling services, group counseling, and information services. It is expected that in implementing the guidance and counseling service by the BK teacher, students can obey the school rules set by the school without being forced to and with self-awareness. Key words: Counseling, Rules of Conduct, Violations
  • Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah adanya pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa di sekolah Madrasah Aliyah Darunnajah lumajang, di sisi lain, layanan bimbingan dan konseling di sekolah di percayakan kepada guru BK untuk membantu dan membimbing siswa untuk lebih baik lagi dan mencegah siswa melakukan pelanggaran lagi.  Penelitian ini difokuskan terhadap penerapan layanan konseling pada siswa yang melanggar tata tertib sekolah. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Konseling Pada Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Sekolah di Madrasah Aliyah Darunnajah lumajang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa setelah mendapatkan konseling dari guru BK, siswa tidak lagi mengulangi pelanggaran tata tertib sekolah, baik itu pelanggaran ringan, sedang, maupun berat. Adapun hasil dari bimbingan dan konseling yang di terapkan oleh guru BK adalah siswa menjadi lebih baik dalam mentaati peraturan tata tertib sekolah. Layanan yang digunakan oleh guru BK adalah layanan konseling individu, konseling kelompok, dan layanan informasi. diharapkan dalam melakukan penerapan layanan bimbingan dan konseling oleh guru BK, siswa dapat mentaati peraturan sekolah yang ditetapkan oleh sekolah dengan tidak terpaksa serta dengan penuh kesadaran diri.   Kata Kunci: Konseling, Tata Tertib, Pelanggaran