PENGARUH BIAYA AGENSI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (STUDI KASUS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011—2015)

Main Authors: SITI RAHAYU, Amru Sukmajati, Yuni Pristiwati NW
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STIE Swasta Mandiri Surakarta , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.stas.ac.id/index.php/jabe/article/view/25
http://jurnal.stas.ac.id/index.php/jabe/article/view/25/13
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan utama penelitian ini yakni menganalisis pengaruh biaya agensi terhadap kebijakan dividen perusahaan  manufaktur. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 perusahaan manufaktur di indonesia, periode 2011-2015. Penelitian ini terdiri dari variabel biaya agensi yakni kepemilikan dispersi, kepemilikan institusi, free cash flow, leverage dan profitabilitas sebagai variabel dependen dan kebijakan dividen sebagai variabel independen. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel biaya agensi terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan dispersi dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan, variabel lain tidak berpengaruh signifikan pada kebijakan dividen dan variabel profitabilitas memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemegang saham dan manajemen harus bisa membuat keputusan yang seimbang mengenai kebijakan dividen berkaitan dengan kinerja perusahaan. Pada penelitian selanjutnya, diharapkan dapat membahas lebih komprehensif dan data free cash flow  lebih tinggi jumlahnya, adanya variasi kepemilikan atau perusahaan manufaktur yang lebih kompleks.