PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA ANAK YANG MENGALAMI SELECTIVE MUTISM

Main Authors: Zainuddin1, Nurul Inayah, Alfiah, Andi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Latifah Pres , 2020
Online Access: http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/209
http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/209/153
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memahami penyesuaian diri di sekolah pada anak yang mengalami selective mutism dengan usia 12 tahun yang saat ini duduk di bangku sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenoligi untuk mengetahui gambaran psikologis anak yang memiliki gangguan selective mutism, dengan jumlah responden 7 orang antara lain 1 responden, dan 6 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara menggunakan guide interview dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengalaman responden yang beragam dan penuh tekanan akan memengaruhi penyesuaian diri anak di sekolahnya, terkhususnya anak yang terbukti mengalami selective mutism yang seketika memberikan penilaian mengenai lingkungan sekolah sehingga responden mengambil sikap di lingkungan sosial berbeda dengan lingkungan rumahnya.