ANALISIS KEMITRAAN BANK DAN KOPERASI DALAM BENTUK LAYANAN BRANCHLESS BANKING UNTUKMENINGKATKAN PENDAPATAN KOPERASI
Main Author: | Ketut Tanti Kustina, Ni Luh Putu Suci Aprilia Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4 https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4/4 |
ctrlnum |
article-4 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">ANALISIS KEMITRAAN BANK DAN KOPERASI DALAM BENTUK LAYANAN BRANCHLESS BANKING UNTUKMENINGKATKAN PENDAPATAN KOPERASI</title><creator>Ketut Tanti Kustina, Ni Luh Putu Suci Aprilia Dewi</creator><subject lang="en-US">Kemitraan Bank</subject><subject lang="en-US">Koperasi</subject><subject lang="en-US">Branchless Banking</subject><subject lang="en-US">Jenis Usaha</subject><subject lang="en-US">Pendapatan Koperasi</subject><description lang="en-US">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemitraan bank dan koperasi dalam bentuk layanan branchless bankingdalam upaya meningkatkan pendapatan koperasi. Dimana sebelumnya bank dan koperasi bersaing dalam menghimpunsimpanan masyarakat dan penyaluran kredit kepada masyarakat. Penelitian dilakukan di koperasiKSU. Mitra Karya Denpasar yang merupakan salah satu koperasi yang aktif mengimplementasikan layanan branchlesss. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis kualitatif dengan metode study kasus dengan dilakukan pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian menjelaskandampak dari kemitraan dengan bank dalam bentuk layanan branchless banking, KSU. Mitra Karya dapat meningkatan pendapatan dari layanan branchless banking perbulannya rata-rata mencapai Rp2.000.000. Peningkatan pendapatan koperasi dapat dianalisis dari laporan keuangan koperasi yaitu pada perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU), terdapat akun pada laporan SHU yaitu pendapatan jasa lainnya yang mencatat seluruh fee yang diterima oleh koperasi dalam layanan branchless banking. Pendapatan jasa lainnya mengalami kenaikan terhitung dari koperasi menjadi agen bank dalam bentuk triwulan yaitu bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Desember 2018. Kenaikan pendapatan yang dihasilkan dari fee layanan branchless banking ini, menyebabkan total pendapatan koperasi mengalami peningkatan.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus</publisher><date>2020-01-08</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4</identifier><source lang="en-US">Accounting Profession Journal (APAJI); Vol. 1 No. 1 (2019): Volume 1 No 1 Juli 2019; 27-40</source><source>2686-0058</source><language>eng</language><relation>https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4/4</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Accounting Profession Journal (APAJI)</rights><recordID>article-4</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Ketut Tanti Kustina, Ni Luh Putu Suci Aprilia Dewi |
title |
ANALISIS KEMITRAAN BANK DAN KOPERASI DALAM BENTUK LAYANAN BRANCHLESS BANKING UNTUKMENINGKATKAN PENDAPATAN KOPERASI |
publisher |
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus |
publishDate |
2020 |
topic |
Kemitraan Bank Koperasi Branchless Banking Jenis Usaha Pendapatan Koperasi |
url |
https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4 https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4/4 |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemitraan bank dan koperasi dalam bentuk layanan branchless bankingdalam upaya meningkatkan pendapatan koperasi. Dimana sebelumnya bank dan koperasi bersaing dalam menghimpunsimpanan masyarakat dan penyaluran kredit kepada masyarakat. Penelitian dilakukan di koperasiKSU. Mitra Karya Denpasar yang merupakan salah satu koperasi yang aktif mengimplementasikan layanan branchlesss. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis kualitatif dengan metode study kasus dengan dilakukan pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian menjelaskandampak dari kemitraan dengan bank dalam bentuk layanan branchless banking, KSU. Mitra Karya dapat meningkatan pendapatan dari layanan branchless banking perbulannya rata-rata mencapai Rp2.000.000. Peningkatan pendapatan koperasi dapat dianalisis dari laporan keuangan koperasi yaitu pada perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU), terdapat akun pada laporan SHU yaitu pendapatan jasa lainnya yang mencatat seluruh fee yang diterima oleh koperasi dalam layanan branchless banking. Pendapatan jasa lainnya mengalami kenaikan terhitung dari koperasi menjadi agen bank dalam bentuk triwulan yaitu bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Desember 2018. Kenaikan pendapatan yang dihasilkan dari fee layanan branchless banking ini, menyebabkan total pendapatan koperasi mengalami peningkatan. |
id |
IOS13579.article-4 |
institution |
Universitas Kristen Indonesia Paulus |
institution_id |
4159 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UKI Paulus |
library_id |
3402 |
collection |
Accounting Profession Journal (APAJI) |
repository_id |
13579 |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS13579 |
first_indexed |
2020-03-19T03:08:47Z |
last_indexed |
2020-03-19T03:08:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686813526158475264 |
score |
17.538404 |