ANALISIS KEMITRAAN BANK DAN KOPERASI DALAM BENTUK LAYANAN BRANCHLESS BANKING UNTUKMENINGKATKAN PENDAPATAN KOPERASI

Main Author: Ketut Tanti Kustina, Ni Luh Putu Suci Aprilia Dewi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus , 2020
Subjects:
Online Access: https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4
https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4/4
ctrlnum article-4
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">ANALISIS KEMITRAAN BANK DAN KOPERASI DALAM BENTUK LAYANAN BRANCHLESS BANKING UNTUKMENINGKATKAN PENDAPATAN KOPERASI</title><creator>Ketut Tanti Kustina, Ni Luh Putu Suci Aprilia Dewi</creator><subject lang="en-US">Kemitraan Bank</subject><subject lang="en-US">Koperasi</subject><subject lang="en-US">Branchless Banking</subject><subject lang="en-US">Jenis Usaha</subject><subject lang="en-US">Pendapatan Koperasi</subject><description lang="en-US">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemitraan bank dan koperasi dalam bentuk layanan branchless bankingdalam upaya meningkatkan pendapatan koperasi. Dimana sebelumnya bank dan koperasi bersaing dalam menghimpunsimpanan masyarakat dan penyaluran kredit kepada masyarakat. Penelitian dilakukan di koperasiKSU. Mitra Karya Denpasar yang merupakan salah satu koperasi yang aktif mengimplementasikan layanan branchlesss. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis kualitatif dengan metode study kasus dengan dilakukan pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian menjelaskandampak dari kemitraan dengan bank dalam bentuk layanan branchless banking, KSU. Mitra Karya dapat meningkatan pendapatan dari layanan branchless banking perbulannya rata-rata mencapai Rp2.000.000. Peningkatan pendapatan koperasi dapat dianalisis dari laporan keuangan koperasi yaitu pada perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU), terdapat akun pada laporan SHU yaitu pendapatan jasa lainnya yang mencatat seluruh fee yang diterima oleh koperasi dalam layanan branchless banking. Pendapatan jasa lainnya mengalami kenaikan terhitung dari koperasi menjadi agen bank dalam bentuk triwulan yaitu bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Desember 2018. Kenaikan pendapatan yang dihasilkan dari fee layanan branchless banking ini, menyebabkan total pendapatan koperasi mengalami peningkatan.</description><publisher lang="en-US">Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus</publisher><date>2020-01-08</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4</identifier><source lang="en-US">Accounting Profession Journal (APAJI); Vol. 1 No. 1 (2019): Volume 1 No 1 Juli 2019; 27-40</source><source>2686-0058</source><language>eng</language><relation>https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4/4</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Accounting Profession Journal (APAJI)</rights><recordID>article-4</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Ketut Tanti Kustina, Ni Luh Putu Suci Aprilia Dewi
title ANALISIS KEMITRAAN BANK DAN KOPERASI DALAM BENTUK LAYANAN BRANCHLESS BANKING UNTUKMENINGKATKAN PENDAPATAN KOPERASI
publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus
publishDate 2020
topic Kemitraan Bank
Koperasi
Branchless Banking
Jenis Usaha
Pendapatan Koperasi
url https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4
https://ojsapaji.org/index.php/apaji/article/view/4/4
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemitraan bank dan koperasi dalam bentuk layanan branchless bankingdalam upaya meningkatkan pendapatan koperasi. Dimana sebelumnya bank dan koperasi bersaing dalam menghimpunsimpanan masyarakat dan penyaluran kredit kepada masyarakat. Penelitian dilakukan di koperasiKSU. Mitra Karya Denpasar yang merupakan salah satu koperasi yang aktif mengimplementasikan layanan branchlesss. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis kualitatif dengan metode study kasus dengan dilakukan pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian menjelaskandampak dari kemitraan dengan bank dalam bentuk layanan branchless banking, KSU. Mitra Karya dapat meningkatan pendapatan dari layanan branchless banking perbulannya rata-rata mencapai Rp2.000.000. Peningkatan pendapatan koperasi dapat dianalisis dari laporan keuangan koperasi yaitu pada perhitungan Sisa Hasil Usaha (SHU), terdapat akun pada laporan SHU yaitu pendapatan jasa lainnya yang mencatat seluruh fee yang diterima oleh koperasi dalam layanan branchless banking. Pendapatan jasa lainnya mengalami kenaikan terhitung dari koperasi menjadi agen bank dalam bentuk triwulan yaitu bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Desember 2018. Kenaikan pendapatan yang dihasilkan dari fee layanan branchless banking ini, menyebabkan total pendapatan koperasi mengalami peningkatan.
id IOS13579.article-4
institution Universitas Kristen Indonesia Paulus
institution_id 4159
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UKI Paulus
library_id 3402
collection Accounting Profession Journal (APAJI)
repository_id 13579
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS13579
first_indexed 2020-03-19T03:08:47Z
last_indexed 2020-03-19T03:08:47Z
recordtype dc
_version_ 1686813526158475264
score 17.538404