Kinerja Pemasaran Berdasarkan Orientasi Pasar Melalui Inovasi Produk Pada UMKM Manufaktur di Kabupaten Bangkalan
Main Authors: | Arief, Mohammad, Rosiawan, Rizki Wahyudha |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/2799 https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/2799/1974 |
Daftar Isi:
- The relationship between market orientation and firm performance have been explored from a several researchers. Even so, there is a gap that can be developed from that relationship, especially if associated with the firm performance measured. This study aims to explore the relationship between market orientation and marketing performance with product innovation as a mediating variable. The data collected from 150 respondents with purposive sampling technique. The results showed that there is a positive relationship between market orientation and all of marketing performance measurement. Furthermore, the study also found that product innovation is mediating the relationship between market orientation and marketing performance. The implications of the research findings have been discussed and there are some recommendations for the future researchers.
- Hubungan antara orientasi pasar dan kinerja telah banyak dikaji oleh beberapa peneliti sebelumnya. Meskipun demikian terdapat gap yang masih dapat dikembangkan dari hubungan tersebut, terutama jika dikaitkan dengan ukuran kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran dengan inovasi produk sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan dari 150 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara orientasi pasar dan semua variabel pengukuran kinerja pemasaran. Selanjutnya, penelitian ini juga menemukan bahwa inovasi produk mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran. Implikasi dari temuan penelitian juga telah didiskusikan dan terdapat rekomendasi bagi peneliti selanjutnya.