PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPEJIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP KARYA AGUNG KOTA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019”

Main Author: -, Azmy Azmy
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Budidaya Binjai , 2019
Online Access: https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jg/article/view/133
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jg/article/view/133/99
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jg/article/downloadSuppFile/133/78
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran PKN di kelas VIII SMP Karya Agung kota Binjai tahun pelejaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Karya Agung Binjai tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 25 siswa sebagai kelas ekperimen dan 23 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diketahui nilai t hitung > t tabel sehinnga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran PKN di kelas VIII SMP Karya Agung kota Binjai tahun pelejaran 2018/2019.