PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Authors: br. Sembiring, Riska Febriani, Siregar, R.Maisaroh Rezyekiyah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Budidaya Binjai , 2020
Online Access: https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jf/article/view/274
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jf/article/view/274/186
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share(TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA MELATI BINJAI Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SmA Melati Binjai pada semester ganjil, tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SmA Melati Binjai sebanyak 5 kelas, dengan jumlah seluruh populasinya adalah 140 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X– Mia 3 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian desain pre-experimental. Desain penelitian atau rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah desain pretes-pascates satu kelompok (one group pretest-postest design). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes.Secara spesifik dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai sebelum diterapkannya model pembelajaran think pair share(TPS) hanya sebesar 52,33. Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai setelah diterapkannya model pembelajaran think pair share(TPS) meningkat dari 52,33 menjadi 72,50. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share(TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/ 2020.