PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Authors: Siregar, Evi Ramadhani, -, Mardiati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Budidaya Binjai , 2020
Online Access: https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jf/article/view/263
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jf/article/view/263/182
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Sedangkan dalam sampel ini terdiri dari 2 kelas. Kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 orang siswa, pada kelas XI-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 orang siswa. Kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Snowball Throwing dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pretest dan posttest, sebagai alat pengumpul data digunakan tes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari 5 butir soal uraian. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan uji hipotesis didapat Fhitung > Ftabel yaitu 4,37 > 4,16 pada uji keberatian, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga arah koefisien berarti, uji kelinieritas apabila Fhitung < Ftabel yaitu 0,577 < 4,16 maka H0 ditolak dan Ha diterima maka linier, diperoleh rhitung > rtabel yaitu 103,725 > 0,3494 maka (r ≠ 0) dengan taraf signifikan 5%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi matriks kelas XI SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020.