PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI DAN RELASI DENGAN MNGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Authors: | Pramudya, Rio, Wirevenska, Ice, Sitepu, Dewi Rulia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Budidaya Binjai
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jf/article/view/261 https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jf/article/view/261/197 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quantum learning dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen (eksperimen semu) dan desain yang digunakan adalah pretest- posttest control goup design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 AK sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-2 AK sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelompok kelas eksperimen setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran dengan metode quantum learning dan alat peraga mengalami peningkatan yang sangat signifikan yakni 40,3 meningkat menjadi 82.2 dan tidak terdapat peningkatan yang signifikant pada kelompok kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yakni 41,47 menjadi 43,87. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode quantum learning dengan menggunakan alat peraga terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020.